Analisis kapabilitas organisasi dan lingkungan usaha terhadap kinerja bisnis dan implikasinya bagi pengembangan usaha di pasar tradisional spesifik pd Pasar Jaya
Kelompok usaha kecil menengah (UKM) merupakan industri yang menempati proporsi terbesar dan memegang peran penting dalam pengembangan ekonomi, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penyerapan tenaga kerja di banyak negara, terutama negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Berdasarkan analisis SEM, ditemukan adanya dimensi dan faktor-faktor yang menentukan, serta berpengaruh positif dan nyata terhadap kinerja-kinerja bisnis dari aspek keuntungan. Dimensi lingkungan internal perusahaan, faktor sumber daya organisasi yang utama sebagai organisasi stimulus, meningkatkan kinerja bisnis, sedangkan faktor pada dimensi lingkungan eksternal tidak ada perusahaan yang memiliki dampak nyata pada kinerja bisnis. Berdasarkan analisis SWOT, ditemukan beberapa strategi pengembangna yang dapat dilakukan secara bersama-sama. Strategi pengembangan tersebut meliputi strategi berorientasi pasar (S-O) dengan sasaran peningkatan omzet, strategi berorientasi teknologi (S-T) dengan sasaran peningkataan ragam produk, mutu dan efisiensi, strategi yang berorientasi pasar dan teknologi (W-O) dengan sasaran omzet, efisiensi dan keuntungan, serta strategi yang berorientasi pengembangan SDM dan pengelolaan keuangan (W-T) dengan sasaran kepuasan konsumen dan akuntabilitas keuangan usaha