MENU
Judul : Induksi kalus dan deteksi kandungan alkaloid daun jarak (Jatropha curca L.) menggunakan hormon 2,4-D dalam media MS (Murashige Skoog)
Subjek : Daun Jarak, Kalus, Alkaloid
Pengarang : Yudi Rinanto
Sumber : Agrovigor : Jurnal Agrokoteknologi
Volume : 4
No : 1
Perpustakaan : pertanian
Abstrak : Penelitian telah dilakukan untuk menguji penggunaan hormone 2,4-D terhadap induksi kalus dan sintesa alkaloid dalam kalus menggunakan bahan tanam daun jarak pada media MS. Daun jarak yang masih muda digunakan sebagai bahan tanam. Konsentrasi hormon 2,4D dibuat bervariasi, yaitu 1 m/1, 2m/l, dan 3 mg/l.
Pengamatan pembentukan kalus dilakukan setelah masa inkubasi 8 minggu. Analisa kandungan alkoloid dilakukan secara kualitatif dengan reaksi warna dan KLT (kromatografi Lapis Tipis) dengan fase diam silica gel GF 254 dan fase gerak asetat: metanol:air (100:13,5:10). Kromatogram kemudian diamati de bawah lampu UV 254 nm dan UV 366 nm.
Hasil penelitian menunjukkan hormon 2,4-D dengan konsetrasi 3 ppm menghasilkan kalus dengan pertumbuhan tertinggi sebesar 85 %, waktu induksi kalus tercepat selama 12,2 hari dan berat rata-rata kalus kering terbanyak 0,054 gram. Analisa kualitatif dengan pereaksi Dragendorff memberikan hasil positif berwarna coklat dan UV366 nm berwarna biru. Nilai hRf hampir sama dengan tanaman asal. Berdasarkan uji kualitatif tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam kalus yang dihasilkan juga mengandung seperti pada tanaman asal.